Information Technology Service Management

Latar Belakang



IT Service merupakan mekanisme delivery value TI melalui konsep utility (fit for purpose) dan warranty (fit for use) dengan pertimbangan efektivitas, efisiensi dan risiko. Konsep IT Service Management (ITSM) melalui ITIL pada awalnya diusung oleh CCTA Inggris di tahun 1980-an, dilanjutkan pengelolaannya oleh OGC tahun 2000, dan terakhir di 2011 oleh HM Government. ITIL merupakan best practice ITSM yang telah diadopsi oleh banyak organisasi di dunia, bahkan tahun 2005 ITIL v.2 (BS 15000) telah diadopsi menjadi standar dunia melalui ISO 20000. Beberapa referensi best practice lain yang dirilis OGC seperti Management of Risk (MoR), Management of Value (MoV), Portfolio, Programme & Project (P3O) termasuk PRINCE2 untuk Project Management.


Definisi




Information Technology Service Management (ITSM) adalah implementasi dan manajemen servis teknologi informasi sehingga sesuai dengan kebutuhan bisnis. Bisnis di sini dapat berupa instansi, perusahaan, maupun lembaga.


Tujuan




Tujuan utama ITSM adalah menyelaraskan layanan IT dengan kebutuhan pengguna, memperbaiki kualitas layanan TI, dan mengefektifkan penggunaan biaya untuk pengelolaan TI.


Penjelasan



ITSM, sebagai suatu solusi manajemen, jelas tidak hanya terkait dengan ketersediaan infrastruktur TI, melainkan bagaimana infrastruktur tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan TI di lingkungan perusahaan, sehingga menjadi lebih efisien dan efektif, yang berujung pada kemampuan mengoptimalkan layanan kepada pelanggan, sambil menghemat biaya. Lanjutannya, perusahaan pun dapat dengan mudah membuat perencanaan (forecasting ) ke depan, termasuk juga mengambil berbagai keputusan bisnis yang lebih dinamis.

manajemen layanan TI (ITSM) mengacu pada keseluruhan kegiatan yang terorganisir dan terstruktur dalam proses dan prosedur pendukung yang dilakukan oleh sebuah organisasi untuk merencanakan, merancang, memberikan, mengoperasikan dan mengendalikan ITSM yang ditawarkan kepada pelanggan. Dengan demikian ITSM fokus pada pelaksanaan layanan TI yang memenuhi kebutuhan pelanggan, dan ITSM dilakukan oleh penyedia layanan TI melalui perpaduan SDM, proses dan teknologi informasi yang tepat.

Dibandingkan dengan pendekatan teknologi manajemen berorientasi TI lainnya seperti manajemen jaringan dan sistem manajemen IT, ITSM ditandai dengan mengadopsi pendekatan proses terhadap manajemen, fokus pada kebutuhan pelanggan dan layanan TI bagi pelanggan daripada sistem IT, dan menekankan pada peningkatan berkelanjutan.



Pada implementasinya, ITSM dapat menggunakan beberapa framework yang ada. Framework-framework itu mempunyai beberapa kekurangan dan kelebihan mereka masing-masing. Beberapa framework yang umum antara lain: ITIL (Information Technology Information Library), OpenSDLC.org, CoPr atau copper, MOF 4, dan FITS. Namun secara umum, ITIL adalah salah satu framework yang paling sering dipakai karena fleksibilitas dan kejelasan proses yang ada di dalamnya.


Penerapan




Fokus pada service desk merupakan bagian dari service mangement dan ini juga dipersyaratkan di dalam pengelolaan ISO 20000 ITSM. Service helpdesk adalah buah dari service strategy di dalam perencanaan konsep service kepada customer. Perencanaan terhadap masalah service, insiden service, payment service, service report, dan lainnya.

"User tidak akan melihat bagaimana anda mengelola masalah service , tetapi bagaimana anda melakukan service delivery yang baik."



Konsep perencanaan service delivery yang tidak matang menjadikan service desk menjadi tidak bernilai dimata customer. Sementara service desk adalah bagian dari service management yang dinilai customer , yang dapat menjadikan input business continuity anda.



Konsep service desk adalah mengelola service delivery dan service support anda kedalam service prima dimata customer.


Referensi :
http://transforma.co.id/implementasi-it-service-management-berbasis-iso-20000-dan-itil
http://aninditasaktiaji.com/pendahuluan-it-service-management
http://www.equine.co.id/it-service-management-2
http://www.helpdesksoftware.co.id/index.php/news/articles/102-penerapan-itsm-strategi-meningkatkan-kualitas-layanan
https://en.wikipedia.org/wiki/IT_service_management
http://kumitutraining.com/2016/03/mengelola-itsm

Komentar

  1. Interesting Article. Hoping that you will continue posting an article having a useful information. IT Hilfe Berlin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stock Rom IMO S80 Gunadarma (Full Flashing Firmware lewat PC)

Full Review Imo S80 Gunadarma