Software Desain Animasi

A. Software Animasi 2D

Penerapan Animasi 2D yaitu Animasi yang hanya terbatas pada ruang 2 dimensi dimana didalamnya hanya terdapat sumbu x dan sumbu y. Proses desainnya pun lebih mudah dan sederhana satu sudut pandang atau view, yaitu dari depan. Untuk memudahkan melakukan Desain Animasi 2D berikut ini adalah software nya :

1. Adobe Flash

Image result for Adobe Flash

Adobe Flash adalah Software desain animasi 2D dari raksasa Adobe inc. Di dalamnya terdapat tools yang sangat berguna untuk mempermudah para pemula membuat animasi 2D karena Adobe Flash mengadopsi beberapa teknik Animasi, seperti animasi Sprite, animasi Path, dll. Untuk pemula juga mudah menggunakannya karena banyak tutorial tersedia di Youtube dan Google.

2. Anime Studio

Image result for Anime Studio

Bagi desainer yang menyukai kartun Jepang yang biasa disebut anime maka software ini sangat cocok, karena hanya dengan software ini desainer anime jauh lebih mudah membuat anime karena didalamnya sudah ada format-format untuk membuat animasi kartun anime.

3. Synfig Studio

Image result for Synfig Studio

Untuk pemula yang ingin belajar desain animasi 2D, maka aplikasi ini sangat cocok bagi orang awam karena sangat user-friendly dan menggunakan tampilan yang mudah dimengerti karena dilengkapi tutorial didalamnya.

4. Scratch

Image result for Scratch

Aplikasi lainnya yang juga memudahkan pengguna awam adalah Scratch, karena software ini mudah di aplikasikan dan sangat dasar. Selain itu software ini juga multi platform menjadikannya bisa digunakan selain di PC Windows. Namun, aplikasi ini sangat dasar untuk animasi sehingga kurang cocok untuk pengguna profesional

B. Software Animasi 3D

Semakin berkembangnya teknologi membuat animasi semakin baik dan realistis. Spesifikasi yang semakin mumpuni ikut menaruh andil dalam pesatnya teknologi 3D. Namun pada penerapannya memang lebih sulit mendesain Animasi 3D karena tiga dimensi konsepnya memiliki sumbu x, sumbu y dan sumbu z sehingga sudut pandangnya sangat kompleks dan bisa dari berbagai arah. Untuk menambah kesan realsitis juga diperlukan penataan ruang cahaya yang baik dan benar. 

Apikasi Desain 3D animasi dewasa ini telah memberikan kemudahan pada penggunaannya, salah satu contohnya yaitu sudah adanya template bangun ruang, seperti kubus, silinder, bola, dll kemudian bisa diedit sesuka hati menjadi bentuk yang diperlukan. Berikut ini adalah software animasi 3D :

1. Blender

Image result for 3D blender

Salah satu aplikasi gratis open source terbaik saat ini adalah Blender. Pengembang menciptakan aplikasi ini bisa digunakan multi-platform sehingga dapat beroperasi pada PC Windows, PC Linux, dan MacOS. Pengembang juga membuka kode program mereka untuk bisa dikembangkan jadi Pengembang aplikasi lain dapat senang hati memodifikasi aplikasi Blender.

Penggunaannya juga cukup mudah karena didalamnya terdapat template yang memudahkan pengguna. Tutorial juga tersebar luas di Youtube dan Google sehingga pengguna awam bisa menggunakan tutorial yang ada.

2. 3D Studio Max

Image result for 3D Studio Max logo

Pengembang aplikasi ini sudah mempublikasikan aplikasi 3D sejak lama, kehadirannya dalam dunia Desain animasi 3D juga sangat berpengaruh bagi Aplikasi 3D lainnya. Karena cukup user friendly dan gambar yang dihasilkan bagus, maka tak jarang pengguna tetap setia pengguna tetap menggunakan 3D Studio Max. Namun karena aplikasi ini berbayar, peningkatan pengguna tidak sebanyak pada aplikasi gratis.

3. Macromedia Director

Image result for macromedia director

Bagi pengguna yang ingin membuat program sendiri, mulai dari aplikasi sederhana hingga aplikasi kompleks. Aplikasi yang dibuat biasanya semacam CD Interaktif, hingga aplikasi rumit lainnya.

4. Adobe After Effect

Image result for adobe after effect

Desain Animasi pada software ini sangat cocok bagi para profesional karena didalamnya terdapat template nyata dan dapat digabungkan dengan video yang ada. Integrasinya dengan berbagai software terkenal lainnya membuat pengguna profesional wajib memiliki aplikasi ini, karena selain aplikasi 3D, aplikasi ini juga mampu memberikan efek nyata pada video biasa. Efek ledakan dan background luar angkasa yang sangat nyata pada film kebanyakan biasanya menggunakan aplikasi ini.


https://flashcom.id/apa-saja-software-membuat-animasi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stock Rom IMO S80 Gunadarma (Full Flashing Firmware lewat PC)

Full Review Imo S80 Gunadarma

Information Technology Service Management