Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan di Amazon

Amazon.com, Inc.
sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon adalah pengecer daring terbesar di dunia. Perusahaan ini juga memproduksi barang elektronik konsumen—termasuk pembaca buku elektronik Amazon Kindle dan komputer tablet Kindle Fire—dan merupakan salah satu penyedia jasa komputasi awan besar.


Amazon.com-Logo.svg

Amazon memiliki beberapa situs web ritel untuk Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, Jepang, dan Cina, dengan pengiriman internasional sebagian produknya ke negara-negara lain. Amazon juga akan meluncurkan situs web terpisah di Polandia, Brasil, Belanda dan Swedia.

Jeff Bezos mendirikan perusahaan ini (dengan nama Cadabra) pada bulan Juli 1994 dan situsnya mengudara dengan nama amazon.com tahun 1995. Perusahaan ini diberi nama sesuai Sungai Amazon, salah satu sungai terbesar di dunia, yang juga diberi nama setelah Amazon, bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi Yunani. Amazon.com berawal sebagai toko buku daring, lalu menjadi penjual DVD, CD, MP3, perangkat lunak, permainan video, barang elektronik, perlengkapan, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan.

Amazon GO
Image result for amazon go
Toko Grosir Prototype besutan Amazon.com, toko online yang berlokasi di Seattle, Washington. Toko Pertamanya dibuka pada 5 Desember 2017. Pelanggan diperbolehkan untuk membeli barang tanpa perlu ke kasir atau mengantri.

Konsepnya seperti menggunakan teknologi mobil tanpa sopir, Amazon menciptakan revolusi berbelanja yang baru: pembeli cukup mengambil semua belanjaannya tanpa perlu mengantre dan membayar di kasir. Dengan computer vision, sensor fusion, dan deep learning system, mereka menyebutnya ‘Teknologi Langsung Jalan’.

Tentu teknologi ini hanya bisa dinikmati di toko Amazon. Pembeli baru bisa masuk jika sudah mengunduh aplikasi Amazon Go, dan membuat akun Amazon. Saat berbelanja, troli virtual dalam aplikasi itu akan otomatis terisi sesuai barang yang diambil. Saat selesai, bon belanjaan akan otomatis pula masuk ke dalam akun tersebut.

Cara Kerja Amazon GO

Revolusi Belanja Ala Amazon Go

Teknologi
Amazon GO pada penerapannya menggunakan beberapa teknologi yang mempermudah para penggunanya untuk berbelanja lebih efektif dan efisien terhadap waktu dan tenaga, diantaranya :

NFC
Image result for nfc


Pada penggunaannya, penggunaan NFC pada Amazon GO yaitu semacam kunci untuk masuk ke dalam Toko Amazon GO. Cara kerjanya yaitu calon pembeli menempelkan smartphone mereka pada kolom NFC yang sudah disediakan untuk mengakses pintu masuk, sehingga pembeli dapat dikenali oleh Sistem Amazon GO.

QR Code

Image result for qr code

Bagi pelanggan yang tidak bisa menggunakan NFC pada smartphone nya bisa menggunakan QR Code menggunakan kamera smartphone, selebihnya memiliki konsep yang sama dengan NFC.

Computer Vision

Image result for computer vision

Yaitu untuk mendeteksi barang apa saja yang telah diambil pembeli sehingga dapat diketahui pembeli mana yang mengambil barang tersebut.

GPS

Image result for gps

Untuk melacak pergerakan pelanggan sehingga menguntungkan pihak Amazon supaya tahu kesukaan pembeli sehingga memudahkan rekomendasi ke akun pemilik.





Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Amazon.com
https://tirto.id/revolusi-belanja-ala-amazon-go-b893
https://en.wikipedia.org/wiki/Amazon_Go

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stock Rom IMO S80 Gunadarma (Full Flashing Firmware lewat PC)

Full Review Imo S80 Gunadarma

Information Technology Service Management