Studi Kasus PDAM



Fungsi/kegunaan dari audit teknologi sistem informasi

Mengamankan Asset

Aset (aktiva) yang berhubungan dengan instalasi sistem informasi mencakup: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), manusia (people), file data, dokumentasi sistem, dan peralatan pendukung lainnya.

Menjaga Integritas Data

Integritas data berarti data memiliki atribut:

kelengkapan, baik dan dipercaya, kemurnian, dan ketelitian. Tanpa menjaga integritas data, organisasi tidak dapat memperlihatkan potret dirinya dengan benar atau kejadian yang ada tidak terungkap seperti apa adanya.

Keputusan maupun langkah-langkah penting di organisasi salah sasaran karena tidak didukung dengan data yang benar. Oleh karena itu, upaya untuk menjaga integritas data, dengan konsekuensi akan ada biaya prosedur pengendalian yang dikeluarkan harus sepadan dengan manfaat yang diharapkan.

Menjaga Efektifitas Sistem

Sistem informasi dikatakan efektif hanya jika sistem tersebut dapat mencapai tujuannya.
perlu upaya untuk mengetahui kebutuhan pengguna sistem tersebut (user), apakah sistem menghasilkan laporan atau informasi yang bermanfaat bagi user. Auditor perlu mengetahui karakteristik user berikut proses pengambilan keputusannya.

Biasanya audit efektivitas sistem dilakukan setelah suatu sistem berjalan beberapa waktu.
Manajemen dapat meminta auditor untuk melakukan post audit guna menentukan sejauh mana sistem telah mencapai tujuan.

Efisiensi

Dikatakan efisien jika ia menggunakan sumberdaya seminimal mungkin untuk menghasilkan output yang dibutuhkan. Pada kenyataannya, sistem informasi menggunakan berbagai sumberdaya, seperti mesin, dan segala perlengkapannya, perangkat lunak, sarana komunikasi dan tenaga kerja yang mengoperasikan sistem tersebut.

Kasus PDAM

Kekeliruan sistem billing PDAM

Saya melihat PDAM dua hal di PDAM, yang pertama PDAM adalah perusahaan layanan publik dan yang kedua PDAM adalah service company. Service artinya PDAM hanya menjual layanan saja, yaitu air. Terus terang untuk point yang pertama saya tidak punya pengalaman di publik sektor. Teorinya sektor publik di audit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), kecuali BUMN semacam Pertamina yang punya 5 auditor (BPK, BPKP, KAP, 2 lagi lupa) ataupun Telkom.

Namun yang kedua, mengenai service company saya pernah menjumpai kasus di perusahaan listrik swasta. Di PLNS (PLN Swasta tersebut) memang dimungkinkan terjadi kesalahan perhitungan walaupun sangat jarang terjadi. Teorinya untuk menghindari kesalahan sistem tersebut ada 2 kontrol yang harus dijalankan.

1. Manual control
Kesalahan pada kasus yang anda sampaikan itu terkait dengan manual controlnya, apakah meterannya rusak, petugasnya ngaco saat memeriksa, ataupun kesalahan pencatatan lainnya. Controlnya, perlu ada verifikasi dari orang yang berbeda saat pengecekan meter. Manual control tidak termasuk concern orang IT audit

2. IT (Automated) Control
Inilah mungkin yang lebih tepat anda tanyakan, mungkinkah kesalahan billing tadi disebabkan oleh automated control dari system billingnya. Jika dikaitkan dengan tugas yang kami buat, mungkin perlu fieldwork lihat perhitungannya bagaimana

Analisa Kasus:

Dari kasus diatas, dapat disimpulkan bahwa kekeliruan system billing PDAM diakibatkan oleh banyaknya proses penghitungan secara manual, sehingga memperbesar angka kekeliruan tersebut yang merugikan masyarakat pengguna PDAM. Banyaknya proses yang masih menggunakan SDM dan bukan mesin memperbesar potensi kesalahan pencatatan sehingga semakin merugikan masyarakat pengguna PDAM.

Saran:

PDAM perlu mengganti alat meteran pengukur pada setiap rumah pengguna PDAM menjadi elektronik supaya penghitungan air yang digunakan oleh masyarakat tercatat dengan akurat dan hasil yang sudah di catat bisa langsung di kirim ke server PDAM sehingga petugas tidak perlu datang tiap bulan untuk mengecek penggunaan air dirumah masyarakat.
Petugas yang biasanya datang untuk mengecek pengunaan air tiap bulan berganti tugas menjadi pengecekan alat meteran elektronik untuk memastikan alat tersebut berfungsi dengan baik dan bisa mengirim pencatatan ke pusat dengan benar.

Sumber :

http://iwanasmadi.blogspot.com/2013/04/kasus-audit-umum-pt-kereta-api.html?m=1

http://gresshintaa.blogspot.com/2018/01/tugas-3-audit-teknologi-sistem-informasi.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stock Rom IMO S80 Gunadarma (Full Flashing Firmware lewat PC)

Full Review Imo S80 Gunadarma

Information Technology Service Management